SHOPPING CART

close

Unbrick HG680-P dan B860H yang Bootloader-nya rusak

loading...
loading...
Fiberhome HG680-P dan ZTE B860H adalah 2 STB yang menurut saya “abadi”, segala macam brick bisa diatasi dengan syarat tidak ada kerusakan hardware. Om Fuad Salim, founder Pulpstone di Pulpstone.pw menyebutnya dengan kata “Immortal”.
Bootloader berfungsi untuk memanggil sistem operasi utama. Kalau di PC/Komputer, bootloader ini identik dengan BIOS, walaupun sebenarnya bukan, karena Linux punya bootloader yang bernama grub/burg/lilo dan Windows mempunyai ntldr dan bootmgr, tergantung versi OS-nya. Kita tidak akan membahas itu di sini.
Yang kita akan bahas adalah bootloader Android. Bootloader bisa hilang, corrupt atau apalah yang penting pada intinya bootloader bisa RUSAK. Pastinya, walaupun sistem operasi Androidnya masih sehat kalau bootloader rusak bisa dipastikan STB tidak akan menampilkan apa-apa di monitor/layar TV. Jangankan di layar, putty saja hanya bisa menampilkan titik titik, gitu aja sampai Upin Ipin lulus kuliah.
Kembali ke topik, prosedur unbrick yang saya bahas kali ini sedikit berbeda dengan prosedur unbrick pada postingan Tutorial Unbrick HG680-P sebelumnya. Yang ini sedikit lebih rumit. Kalau yang ini fungsinya untuk mengatasi bootloader dan struktur partisi yang hilang akibat gagal waktu flash dari USB burning tool. Biasanya terjadi karena PC yang tiba mati, hang atau alasan lain. Saya juga sudah mencoba dengan mematikan PC ketika flashing menggunakan Usb burning tool masih pada posisi “formatting 7%”. Alhasil, bootloader memang jadi rusak.
O iya, cara ini juga bisa digunakan untuk kembali ke Android setelah sebelumnya melakukan flash Linux/Armbian ke eMMC (memory internal).
Silahkan disimak langkah-langkahnya:
  • Siapkan SD Card yang sudah terisi bootloader, buat menggunakan BootCardMaker. Kalau bingung cara bikinnya ikuti saja postingan Tutorial Unbrick HG680-P.
  • Pasang USB TTL, akses ke STB via Putty, yang ini pasti sudah paham caranya. Kalau bingung google aja.
  • Masukan SD Card, tapi jangan terlalu dalam, tidak perlu sampai bunyi klik. Ini untuk mempermudah saja nanti ketika harus memasukkan SD card.
  • Perhatikan pada Putty, biasanya hanya tampil titik-titik dan terus bertambah.
  • Masukkan SDcard, kalau sudah terbaca, secara otomatis STB akan nyala dengan booting melalui SDCard. Langsung lepas lagi SDCard-nya.
  • Sambil tetap memperhatikan log yang tampil pada Putty, tekan Spasi, Enter atau Ctrl + C secara berulang-ulang.¬† Ulangi terus sampai tampilan Putty berhenti dan menampilkan¬†gxl_p212_v1#
  • Itu bagian paling penting, pokoknya usahakan sampai ketemu tampilan tersebut. Jika sudah tampil seperti gambar, berarti STB sudah masuk bootloader console. Kalau sudah sampai tahap ini 99% STB pasti bisa diselamatkan. Bootloader console ini menyediakan begitu banyak command yang sangat berguna. Tapi kita akan bahas satu saja.
  • Ketik perintah sdc_update bootloader bootloader.partition
  • Tunggu sampai proses install bootloader selesai, jika sudah coba matikan STB dan nyalakan lagi. Sambil perhatikan pada Putty apakah ada pergerakan, seharusnya sudah keluar log dan bukan lagi titik-titik. Jika OS masih berfungsi dengan baik dan bisa masuk ke homescreen Androidnya, berarti kesalahan hanya pada bootloader dan STB bisa langsung digunakan seperti biasa.
  • Jika masih tidak bisa masuk ke sistem Android, maka pastikan pada Putty sudah tidak lagi menampilkan titik-titik, tetapi sudah ada log bahwa sistem sudah berjalan. Lakukan flash firmware seperti biasa, Bisa flash menggunakan SDCard seperti cara di postingan Tutorial Unbrick HG680-P sebelumnya, atau Flash menggunakan USB Burning Tool. Sebaiknya gunakan firmware yang sudah include DTB seperti firmware Probox yang saya posting pada postingan sebelumnya, versi 1GB maupun 2GB sama saja.Gambar : Baris-baris merah pada log di bawah adalah contoh error notice kalau bootloader rusak.
    Setelah flash bootloader, akhirnya bisa diflash kembali menggunakan USB Burning Tool.

 

Sebenarnya melalui bootloader console tersebut kita juga bisa melakukan flash Sistem Operasi Androidnya, hanya saja jika ada kasus hilangnya struktur partisi/partition table, maka langkah ini tidak bisa dilakukan, saya sudah coba cari cara agar penyusunan partisi bisa dilakukan dengan sekali perintah tapi masih belum bisa juga. Tapi kalau mau juga, silahkan ketik help di bootloader console, nanti disitu ada daftar perintah termasuk perintah untuk membuat partisi. Saya jamin, bakalan bikin

Baca Juga :   Memunculkan Cursor Mouse/Pointer Pada STB ZTE B860H

puyeng karena ada banyak partisi yang harus dibuat seperti partisi boot, system, cache, dan lain-lain.

Untungnya, jika melakukan flashing menggunakan firmware Probox yang saya posting, yang tadi saya katakan ada DTB nya, proses pembuatan partisi-partisi tersebut akan terjadi secara otomatis. Jadi pilih yang mudah aja ya, hehe.

Selamat berjuang dan salam ngoprek!


Tambahan:
Kalau mau juga bisa flash bootloader menggunakan flashdisk, perintahnya diganti: usb_update bootloader bootloader.img

 


Yang mau traktir saya buat ngopi silahkan berdonasi via OVO, Dana atau LinkAja ke No. 085252804004
Jangan lupa, khusus yang sudah donasi mohon info via WA ke no. tersebut. Jika ada kendala akan saya sisihkan waktu di sela kesibukan. Siapkan Teamviewer atau AnyDesk agar bisa saya pandu dari kejauhan.
Terimakasih.
Jangan lupa like kami di Facebook untuk stay update informasi terbaru:

Tags:

3 thoughts on “Unbrick HG680-P dan B860H yang Bootloader-nya rusak

Mari Berdiskusi

error: Maaf, dilarang copy-paste!
%d bloggers like this: