Membangun Web Hosting di Komputer Sendiri

  Internet

Trik ini mungkin sangat sederhana, tapi setidaknya inilah model atau gambaran sederhana sebuah Web Hosting.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat DNS (Domain Name System). DNS berfungsi sebagai penterjemah, dengan kata lain DNS inilah yang nantinya akan mengarahkan kita ke IP Address tertentu setelah kita melakukan pemanggilan terhadap URLnya pada browser.

Misalnya :
Lakukan ping ke google :

ping google.com

akan terlihat bahwa google.com memiliki IP Public : 74.125.45.100

Ketika kita akan melakukan pemanggilan kepada http://www.google.com/, sebenarnya kita sedang memanggil komputer dengan IP Address 74.125.45.100

Bayangkan jika tidak ada DNS, berarti setiap ingin menghafal sebuah alamat website, kita harus menghafal IP Address Server nya. Tentunya lebih mudah mengingat www.google.com daripada 74.125.45.100.

Sekarang mulailah membuat DNS :
1. Buka : www.dyndns.com
2. Klik Create account ntuk mendaftar.
3. Setelah melakukan pendaftaran, link aktivasi akan segra dikirim ke email anda, segera aktifkan akun anda lalu login dengan akun tersebut.
4. Klik menu My Services –> dynamic DNS Pro
5. Pada kalimat : “Dynamic DNS Pro adds a variety of enhancements and additional features to Dynamic DNS Free which are detailed on the Dynamic DNS Pro page.” Klik Dynamic DNS Free (Untuk DNS gratisan), lalu klik Get Started. atau untuk menyingkat langkah 5 dan 6, buka alamat berikut : https://www.dyndns.com/account/services/hosts/add.html
6. Pada hostname, isi sub domain yang anda inginkan.

LEAVE A COMMENT