Amlogic Suite for All Amlogic Devices

Hai teman-teman, jangan lupa subscribe Channel Youtube saya.
Subscribe tidak dipungut bayaran, mari dukung saya dengan klik tombol subscribe.

Terakhir diupdate pada 02/07/2021 oleh Wira Loksado

Halo teman-teman, ini adalah aplikasi yang mungkin berguna untuk teman-teman yang hobi ngoprek atau utak-atik  Android baik itu STB atau Android TV maupun smartphone tapi aplikasi ini lebih saya utamakan untuk fungsi ke Android TV atau STB.

Aplikasi ini sebenarnya saya kerjakan sudah cukup lama hanya saja karena memang terlalu banyak kesibukan Jadi akhirnya tidak selesai-selesai dan baru sekarang saya sempat lanjutkan lagi.

What Is This?

Amlogic Tools ini versi lain Amlogic Tools yang difokuskan kepada perangkat yang sering kita temui di Indonesia.

Ada beberapa fungsi utama dari aplikasi ini, misalnya untuk disable aplikasi tertentu yang tidak bisa dihapus tapi sebenarnya tidak dibutuhkan dan cenderung mengganggu, jadi pilihannya hanya disable.

 

Features

Saat ini Fitur masih standar saja, untuk membantu teman teman menjalankan perintah yang umum kita gunakan.

  1. Disable Apk

Kenapa harus disable? Kenapa tidak langsung uninstall saja? Masalahnya untuk perangkat yang belum root maka uninstall aplikasi yang terdapat di system tidak memungkinkan untuk dilakukan. Kenapa tidak di-root saja? Tidak semua perangkat baik untuk di-root, ada fungsi-fungsi yang harus dipertahankan, misalnya pada Mi Box S jika di-root maka sertifikasi Google dan Netflix akan hilang sehingga sudah tidak lagi menjadi perangkat yang Google Certified dan Netflix Certified. Atau yang lebih parah, Widevine turun ke L3. Untuk bagian ini silahkan googling saja karena saya tidak akan jelaskan di postingan ini.

Disable Apk ini disini saya buat dengan berbagai pilihan, misalnya untuk disable Launcher saja, gunanya kalau misalnya kita punya perangkat kan tidak ada pilihan untuk mengganti atau mengubah launcher, kita dapat menggunakan tool ini untuk mendisable Launcher bawaan lalu kemudian menginstall Launcher yang kita inginkan seperti ATV Launcher, Ugoos dan lain-lain. Tapi di dalam aplikasi saya hanya menyertakan ATV Launcher versi Free, ini karena menurut beberapa pendapat, Launcher ini paling user friendly dan ga ribet untuk pengguna awam, apalagi orang tua.

Selain Launcher, yang umumnya di-disable juga adalah update OTA. Ini karena update OTA dianggap akan membuang bandwidth dan menambah fungsi-fungsi yang tidak diperlukan. Mending kalau update terbaru performanya lebih baik, kalau malah bikin lemot kan mending ga usah update. Iya ‘ngga?

Disamping OTA, aplikasi bawaan yang tidak kita butuhkan juga sebaiknya di-disable saja. Dari pada hanya membuat sistem semakin boros resource dan akhirnya menjadi lemot. 

Untuk cara menggunakannya sendiri tidak sulit karena kita tidak perlu menggunakan console atau command prompt lalu mengetik mengetik perintah satu-persatu. Disini kita bisa menggunakan mouse dan klik pada fungsi yang kita inginkan. Bukan hanya untuk disable Launcher dan Update OTA saja, bahkan tool ini saya lengkapi dengan fungsi untuk membaca semua package atau apk yang terinstal, lalu memilih apk mana yang akan di-disable atau di-enable. O iya, fungsi buat enable juga saya sediakan untuk yang ingin mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah dinonaktifkan atau di-disable.

  1. APK Installer

Beberapa waktu lalu saya pernah merilis aplikasi yang berfungsi untuk menginstall banyak APK sekaligus. Di dalam aplikasi yang baru ini saya juga menyertakan fungsi tersebut dengan lebih baik, karena disini kita berbasis GUI jadi semua fungsi bisa menggunakan mouse. Jadi sekarang kita bisa install banyak APK hanya dengan sekali klik.

  1. Backup/Restore firmware

Fitur berikutnya adalah fitur yang dapat membantu kita untuk membackup firmware yang ada di dalam STB/Android TV. Jadi kalau kita mempunyai STB Android TV dan kita ingin memodifikasi atau mengganti firmware original atau bawaan tentunya sebelum kita utak-atik seharusnya kita backup dulu supaya aman jika suatu saat ada masalah dengan firmware yang baru dan ingin kembali ke firmware yang lama. 

Kita juga bisa menggunakan tool ini untuk melakukan backup tersebut.

Sebenarnya saya mempunyai sedikit kendala dalam menyusun fitur ini, karena setiap firmware memiliki penataan ukuran partisi masing-masing, jadi saya harus memasukkan data satu persatu. Jadi saya akan memasukkan hanya beberapa firmware yang sangat umum digunakan saja. Jika teman-teman memiliki masukan firmware apa yang sering digunakan, silahkan mengirimi saya link menuju firmware tersebut. Yang saya butuhkan hanya firmware dalam bentuk IMG untuk USB Burning Tool.


  1. Change Boot Logo

Aplikasi ini juga mempunyai fungsi untuk mengganti logo STB/Android TV Box. Namun sebelum melakukan fungsi ini sebaiknya teman-teman membackup logo original agar suatu saat ingin kembali tinggal flash ulang menggunakan logo tersebut. Silahkan merujuk ke fitur nomor 3 di atas.

 

Oh ya, walaupun saya hanya menyediakan beberapa logo, namun teman-teman juga bisa menggunakan logo sendiri kemudian di-flash ke STB menggunakan aplikasi ini.

  1. Additional

Selain yang saya sebutkan di atas ada juga beberapa fungsi tambahan yang mungkin berguna, untuk tutorial cara penggunaan akan saya jelaskan melalui Video di Channel Youtube.

  • 1-Click Unlock. Sebenarnya bukan unlock, fungsi ini adalah gabungan beberapa fungsi dalam sekali klik. yakni disable Launcher, install Launcher baru, disable update ota, dan disable aplikasi bawaan yang umumnya tidak digunakan.
  • Install App Drawer. Mungkin teman-teman sudah tahu bahwa pada TV Launcher aplikasi-aplikasi non-TV tidak akan muncul iconnya, karena itu kita membutuhkan AppDrawer sehingga icon semua aplikasi muncul di Drawer tersebut.
  • Skip Remote Pairing, ini berguna untuk perangkat yang sudah tidak memiliki remote bawaan, jadi perangkat tetap bisa digunakan tanpa harus melakukan pairing remote.
  • Rebooter, untuk reboot, baik reboot normal, reboot recovery, reboot ke bootloader maupun reboot ke mode updater tanpa bongkar, agar perangkat terdeteksi di USB Burning Tool tanpa harus melakukan prosedur emergency button atau shortpin.
  • Factory Reset. Fungsi ini sebenarnya adalah fungsi standar yang tersedia di setiap STB/Android TV Box dengan catatan STB tersebut harus dalam keadaan menyala normal dan bisa masuk ke Homescreen. Nah bagaimana dengan STB yang dalam kondisi bootloop? Pada aplikasi yang saya buat fungsi ini saya sediakan 2 pilihan, untuk perangkat yang bisa menyala dengan normal bisa menggunakan mode ADB, untuk perangkat yang brick/bootloop bisa menggunakan mode updater menggunakan kabel USB to USB atau USB male to male.
  • Clear Cache, berfungsi menghapus cache, terutama file ota.zip yang ada di partisi /cache. File ini sangat mengganggu karena jika tidak dihapus, maka walalupun kita sudah flash firmware baru, ota.zip akan otomatis dijalankan sehingga ketika STB dinyalakan akan otomatis terupdate ke versi yang ada di dalam ota.zip tersebut. Ga jadi deh pake fw baru :D.
  • Install Wallpapers. Daripada ribet copy-paste wallpaper satu persatu, lebih baik gunakan fitur ini.
  • Open Shell & Open ADB Console. Ini berguna untuk teman-teman yang ingin mempelajari perintah-perintah Shell maupun ADB. Langsung saja ketik perintah disana dan lihat hasilnya.
  • Remote Control.  Sebagai pengganti remote control, namun via komputer.
  • View Screen. Untuk menampilkan layar STB/Android TV di PC/Laptop, fitur ini menggunakan scrcpy.
  • Screen Capture. Untuk mengambil screenshot tampilan layar STB dan mengirim hasilnya langsung ke PC/Laptop.

 

Supported Devices

Mohon diperhatikan bahwa sesuai namanya, tool ini saya khususkan untuk perangkat berbasis Amlogic. Semoga aplikasi ini cukup mumpuni untuk menolong kita bekerja dengan banyak jenis STB yang umum di pasaran saat ini. Kenapa saya mengerjakan untuk Amlogic saja tidak untuk prosesor/SoC lain seperti  Allwinner atau Rockchip? Karena memang saya menganggap Amlogic adalah SoC terbaik untuk STB atau Android TV box dan juga kebetulan STB yang saya punya hampir semuanya berbasis Amlogic.

Sebelum menggunakan tool ini saya harap teman-teman sudah paham dasar-dasar ngoprek STB secara umum walaupun sebenarnya saya sudah menyusun aplikasi ini se-simple mungkin tapi untuk orang awam mungkin ada beberapa hal yang dirasa membingungkan, teman-teman bisa berkomentar di bawah atau di channel YouTube di mana saya akan memposting video aplikasi ini.

Tentunya aplikasi ini juga masih sangat banyak kekurangan baik teknis maupun fitur, saya harap teman-teman memberi masukan untuk berbagai hal yang dirasa perlu agar dapat saya pelajari dan saya pertimbangkan apakah baik jika dimasukkan ke dalam aplikasi ini atau tidak.

 

Gunakan aplikasi ini sebagai bahan pembelajaran dan pastikan anda memahami resiko yang ditimbulkan, saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi karena penggunaan maupun penyalahgunaan aplikasi ini.

Download AmlogicSuite 1.0

Khusus Pengguna Windows 7 harus menginstal .Net Framework 4.0, bisa download dari sini :

Download Microsoft .NET Framework 4

Dilarang bertanya sebelum menonton Videonya, semua sudah saya jelaskan disana. Jangan lupa Like, Subscribe dan Share biar aplikasinya lancar.

Video:


DMCA.com Protection Status
Artikel ini dilidungi oleh DMCA Takedown Services & Website Content Protection. Dilarang Copy-Paste.
Yang mau ngajakin ngopi silahkan klik

Hai teman-teman, jangan lupa subscribe Channel Youtube saya.
Subscribe tidak dipungut bayaran, mari dukung saya dengan klik tombol subscribe.



Like Facebook Wira Loksado dengan menekan tombol "Suka" di bawah ini agar tetap update informasi terbaru:

Mari Berdiskusi