SHOPPING CART

close

ALT Linux untuk Arm (Amlogic S905x)

loading...
loading...

ALT Linux adalah sistem operasi berbasis RPM buatan Rusia yang dibangun di atas kernel Linux dan repo dari Sisyphus . ALT Linux telah dikembangkan secara kolektif oleh komunitas pengembang ALT Linux Team developers community dan ALT Linux Ltd.
ALT Linux ini menjadi alternatif untuk yang sudah bosan dengan Armbian di Amlogic S905x, khususnya di STB Fiberhome HG680-P dan ZTE B860H. Terdapat 4 DE preinstalled yakni Mate, IceWM, LXDE dan XFCE. Dengan ukuran img sebesar 7GB lebih, saya rasa distro ini terlalu gendut untuk kemampuan ARM, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.
Versi yang ada saat ini adalah versi 5.94, dengan kernel 5.3.0 rc6 yang sebenarnya diperuntukan buat MXQ G12 dengan SoC S905x2. Tapi saat saya coba dari ke-empat versi DE yang tersedia, semuanya berjalan dengan normal di HG680-P, 4 Core CPU semuanya online. Hanya saja, memang lumayan lag ketika digunakan untuk browsing dengan membuka banyak Tab. Maklum saja, ini masih versi unstable, kernel yang digunakan pun RC alias Release Candidate.

Untuk cara install tidak jauh berbeda dengan cara Install Linux Armbian di STB Fiberhome HG680-P (s905x). Bedanya hanya di tahap awal setelah burning img ke flashdisk/sdcard, harus edit beberapa file agar bisa booting.

 

1) Download image Altlinux, pilih saja salah satu sesuai DE yang diinginkan, saya sarankan menggunakan Mate atau XFCE. Pada link tersebut terdapat 4 buah file :

altlinux_icewm_20190902.img.xz

altlinux_lxde_20190902.img.xz

altlinux_mate_20190902.img.xz

altlinux_xfce_20190902.img.xz

Pilih salah satu saja, kalau sudah didownload tinggal ekstrak menggunakan WinRAR atau 7Zip supaya file .img nya keluar.

2) Burn image hasil ekstrak tersebut ke Flashdisk/sdcard menggunakan Win32DiskImager atau BalenaEtcher.

  • Edit file /boot/uEnv.ini pada bagian dtb_name menjadi “dtb_name=/dtb/meson_gxl_p212.dtb”.
  • Edit file /boot/extlinux/extlinux.conf pada bagian FDT menjadi “FDT /dtb/meson_gxl_p212.dtb”.

3) Pasang sdcard/flashdisk ke STB lalu jalankan perintah “reboot update

 

Langkah selanjutnya tinggal ikuti sesuai apa yang tampil di layar monitor. Berbeda dengan Armbian, pada ALT Linux ini semua pengaturan awal disajikan secara grafis alias sudah menggunakan GUI, jadi tidak perlu mengetik perintah, tinggal klak-klik mouse dan mengisi username/password saja.

Berikut beberapa tampilan ketika menggunakan ALT Linux di STB HG680-P dengan Desktop Mate (altlinux_mate_20190902). Klik gambar untuk memperbesar. Selamat mencoba.

 

Yang mau traktir saya buat ngopi silahkan berdonasi via OVO, Dana atau LinkAja ke No. 085252804004.
Jangan lupa like kami di Facebook untuk update informasi terbaru:

Tags:

0 thoughts on “ALT Linux untuk Arm (Amlogic S905x)

Mari Berdiskusi

error: Maaf, dilarang copy-paste!