SHOPPING CART

close

Mematikan Auto Play Audio dan Video pada Mozilla Firefox

loading...
loading...

Mozilla Firefox dikenal juga sebagai Phoenix dan juga pernah diberi nama Mozilla Firebird adalah browser open source yang dikembangkan oleh Mozilla foundation. Firefox ini merupakan salah satu browser terbaik dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Pertama kali dirilis pada tanggal 9 November 2004, 15 hari setelah rilis pertama Firefox sudah didownload lebih dari 6 juta pengguna.

Salah satu fitur yang cukup menggangu dari Firefox adalah fitur auto play video maupun audio ketika kita mengakses sebuah halaman website, tentunya ini berlaku jika website tersebut menyematkan video atau audio di halamannya. Kenapa saya katakan mengganggu? Karena selain berisik, video dan audio juga merupakan salah dua komponen yang menguras kuota internet paling banyak.

Namun kita tidak perlu khawatir karena ternyata fitur ini juga bisa dimatikan, tentunya dengan sedikit tips.

Pertama-tama, buka Mozilla Firefox, lalu ketik alamat berikut pada address bar:

about:config

Setelah itu tekan enter sehingga akan muncul pemberitahuan tentang resiko jika melakukan perubahan konfigurasi Firefox. Klik saja Accept/Setuju/Terima atau apapun pilihan yang muncul yang menyatakan bahwa kita paham dan setuju. Nah, tinggal carilah string berikut, manfaatkan kotak pencarian di bagian atas:

media.autoplay.default
Ubah nilainya menjadi 0

media.autoplay.allow-muted
Ubah nilainya menjadi false

Kalau kurang jelas bisa dilihat pada gambar berikut:

Kalau sudah, tutup Firefox, buka kembali lalu cobalah untuk megakses sebuah website yang memiliki video/audio. Seharusnya Video/Audio tersebut tidak akan diputar secara otomatis lagi.

Selamat mencoba!

Yang mau traktir saya buat ngopi silahkan berdonasi via OVO, Dana atau LinkAja ke No. 085252804004.
Jangan lupa like kami di Facebook untuk update informasi terbaru:

Tags:

0 thoughts on “Mematikan Auto Play Audio dan Video pada Mozilla Firefox

Mari Berdiskusi

error: Maaf, dilarang copy-paste!